Berita


Persiapan Menghadapi Penilaian Harian Bersama di SMA Triguna Jakarta

Menjelang Penilaian Harian Bersama (PHB), para murid tentunya sudah mulai menyiapkan keperluan untuk menghadapi ujian tersebut, baik persiapan materi maupun kondisi fisik. Sama halnya dengan sekolah – sekolah lain, SMA Triguna Jakarta pun akan melaksanakan Penilaian Harian Bersama yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-23 September 2022. Untuk itu , ada beberapa tips yang dapat dicoba. 
Pelaksanaan Harian Bersama (PHB) sama halnya dengan pelaksanaan ujian pada umumnya seperti PTS, PAS, dan sejenisnya yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa-siswi dalam belajar selama beberapa bulan. PHB sangat berpengaruh dalam penetuan kenaikan kelas. Dalam waktu dekat ini, banyak sekolah – sekolah yang akan melaksanakan Penilaian Harian Bersama, SMA Triguna Jakarta pun akan melaksanakan PHB pada tanggal 19-23 September 2022.
Untuk menghadapi ujian tersebut, para murid perlulah menyiapkan semuanya dengan matang, baik dari materi ataupun kesiapan mental. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menghadapi PHB Senin esok, yaitu:
1. Menjaga kesehatan dan kondisi tubuh.
Belajar memang penting, tetapi harus mengingat waktu jangan sampai larut malam, sebab tubuh kita pun butuh istirahat yang cukup, dan aturlah pola makan dengan baik. Jangan sampai drop yang dapat membuat kita sakit dan tidak dapat mengikuti ujian.
2. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan.
Sebelum ujian dilakukan, perlulah mengecek perlengkapan yang dibutuhkan seperti, alat tulis, buku paket/rangkuman materi sesuai mapel yang diuji untuk dibaca-baca lagi, dan kartu legitimasi peserta. Usahakan jangan ada yang tertinggal.
3. Pastikan hadir tepat waktu.
Usahakan datang sebelum ujian dimulai, karena jika telat akan merugikan kalian sebab waktu pengerjaannya tetap berjalan walaupun kalian telat, jadi tidak ada penambahan waktu pengerjaan.
4. Siapkan strategi menjawab soal.
Dengan menganalisa komposisi soal tersebut, kamu akan memiliki gambaran prioritas soal yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, agar kamu memiliki waktu cukup untuk mengerjakan kembali soal yang sulit. Pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar dapat menjawab seluruh soal ujian.
5. Hilangi rasa gugup menjelang ujian.
Rasa gugup itu wajar dan dialami oleh semua orang. Namun kamu harus menemukan cara mengatasinya agar tidak mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan ujian nanti. Cara yang mungkin dapat kamu lakukan adalah dengan mengambil nafas perlahan-lahan lalu tenangkan dirimu dan fokus terhadap soal yang akan kamu kerjakan.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam menghadapi ujian nanti, semoga dapat bermanfaat dan tunjukkanlah kemampuan terbaikmu. Semoga berhasil.

Penulis: Nesa Zakiah
Editor: Faieq