Berita

Mending Masuk SMA, SMK ATAU MA?

Halo, guys! Apakabar? Pastinya tetap tangguh di tengah pandemi covid 19 ini kan? Nah! Pada kesempatan kali ini, aku mau kasih sedikit informasi, nih, terutama untuk kamu yang sebentar lagi akan mengganti warna seragam kamu dari putih biru ke putih abu-abu, dan bingung menentukan sekolah lanjutanmu. Aku tahu kok, masih banyak banget kamu-kamu yang masih bingung dalam menentukan pilihan.

 

Nah, teman kita ternyata masih perlu pertimbangan, nih, dalam memilih sekolah lanjutan. Untuk itu, aku akan coba bantu jelaskan apa aja pilihan yang bisa kamu ambil nantinya.

 

Sebelum aku bahas tentang pilihan-pilihan tersebut, aku mau tanya dulu, nih, pertimbangan utama kamu dalam memilih sekolah lanjutan apa sih? Apakah karena pilihan orang tua? Ikut teman? Atau karena sekolah yang kamu pilih itu populer banget?

 

Berhubung pilihan sekolah lanjutan bisa menjadi salah satu faktor penentu masa depan kamu, aku berharap keputusan yang kamu ambil dalam memilih sebuah sekolah nggak semata karena ngikut temen atau karena sekolah tersebut hits banget, ya.

Aku sering banget ketemu temen atau siswa yang nyesel milih sebuah sekolah, simply karena awalnya dia memilih atas dasar ikut-ikutan temen aja,. Ada juga yang nyesel banget karena ternyata sekolah lanjutan yang dipilih gak sesuai dengan peminatan belajar yang diinginkan.

 

Jadi, untuk menghindari hal-hal seperti ini kejadian, aku akan coba jelaskan tentang bedanya SMA, SMK, dan MA. Yuk, kita cek.

 

Sekolah Menengah Atas (SMA)

 

Di jenjang SMA, kamu nantinya akan memilih lagi pengelompokan mata pelajaran berdasarkan minat serta kemampuan akademis. Di kurikulum KTSP 2006, pengelompokan tersebut dinamakan penjurusan, dan dilakukan di kelas XI. Sedangkan di kurikulum 2013, pengelompokan tersebut dinamakan peminatan, dan sudah dimulai dari kelas X. Penjurusan/peminatan di jenjang SMA ada 3, yaitu: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Bahasa.

 

Nah, untuk jenjang SMA, selain mata pelajaran spesifik yang kamu dapatkan dari penjurusan/peminatan di atas, ada juga mata pelajaran wajib seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PENJASORKES), Prakarya atau Seni Budaya dan Keterampilan, dll. 


Wah, banyak juga ya, yang dipelajari di jenjang SMA? Betul banget. Tapi, kamu jangan stres dulu dengan banyaknya jumlah mapel yang akan kamu pelajari. Kamu nggak diminta untuk menguasai semua mapel itu, kok. Jenjang SMA memang bisa dibilang Generalist, dan kamu memiliki kesempatan untuk mengenal dan mempelajari berbagai cakupan bidang ilmu, waah.. bakalan kaya wawasan ilmu nantinya!

 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

 

Nah, kalau SMA sifatnya umum, SMK jauh lebih spesifik. Perbedaan yang paling mencolok  antara SMA dengan SMK adalah porsi teori dan praktik. Di jenjang SMA, teori cenderung lebih banyak dari praktik, sedangkan di SMK, praktik jauh lebih banyak daripada teori. Jenjang SMK juga menitikberatkan pada persiapan siswa untuk menghadapi dunia kerja. 

 

Jadi, secara umum, SMK lebih mengasah skill ketimbang SMA. Mirip seperti SMA, SMK juga memiliki penjurusan, tetapi jumlah penjurusannya ada banyak banget. gak mungkin jelasin secara detil satu per satu jurusannya, tapi aku bisa ngasih gambaran tentang jurusan SMK yang cukup populer, seperti: Akuntansi, di jurusan yang super populer ini, kamu akan mempelajari tentang bagaimana pembukuan dan pencatatan sistem keuangan di sebuah perusahaan/badan usaha. Ini cocok banget buat kamu yang suka ngitung uang, hehe.

 

Madrasah Aliyah (MA) 

 

Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebenarnya mirip banget dengan SMA dan SMK. Namun, ada kekhasan tersendiri untuk MA dan MAK, yaitu penambahan porsi untuk pendalaman pembelajaran Agama Islam. Di kedua jenjang ini, peran Kementerian Agama juga jauh lebih besar, karena turut menentukan bahan ajar dalam pendidikan Agama Islam. Mata pelajaran yang spesifik dalam jenjang ini adalah: al Quran dan Hadist, Aqidah dan Akhlak, Fiqih

 

Jadi aku pilih jenjang yang mana, dong?

 

Nah, kalau ini, kembali ke diri kamu sendiri. Kalo kira-kira kamu belum memutuskan bidang ilmu yang ingin kamu pelajari secara pasti, saran aku sebaiknya kamu masuk SMA. Banyak challenge dalam pilihan tempat berkarir kamu nantinya, maka SMA adalah pilihan yang lebih tepat.


In the end, semua keputusan tetap ada di tangan kamu (dengan persetujuan orang tua, tentunya). Pastikan juga kamu sudah cari tahu secara lebih mendalam untuk sekolah mana yang akan kamu pilih nantinya. Sekali lagi aku ingatkan, lebih baik tidak memilih sekolah karena ikutan temen atau hanya karena popularitas dan prestis dari sekolah itu aja, ya. Ingat, keputusan kamu akan menentukan masa depan kamu sendiri.

 

Udah dulu deh, tulisan aku kali ini. Semoga artikel ini bisa mengurangi kebingungan kamu dalam memilih jenjang lanjutan kamu, ya! Kalo kamu ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk nanya di kolom komentar. See you!

 

Nah! Bagi kamu yang mau masuk SMA, aku recomended SMA Triguna Jakarta tentunya. Sekolahnya nyaman, asyik dan apapun talenta kamu bakalan dapet kamu kembangin di sekolah ini.

Jadi Yuk! Klik www.smatriguna56/sch.id/ppdb  atau dateng aja langsung ke Gedung SMA Triguna Jakarta Jl. Bintaro Permai II No.09, Bintaro, Jakarta Selatan. 
(Wahyu)

 

Sumber Utama:  https://www.zenius.net/blog/18804/perbedaan-sma-smk-ma


PPDB ONLINE

PPDB 2021

Berita Terbaru

Belajar di Luar Kelas

Facebook

Instagram