Berita

Optimalkan Pikir, Gali Kreativitas dalam Ujian Praktek

Jakarta, Minggu kedua di bulan Februari menjadi hari yang sibuk bagi kelas XII MIPA dan IPS SMA Triguna Jakarta. Pasalnya, mereka tengah melaksanakan ujian praktek sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan. Ujian praktik ini berlangsung dari tanggal 5 Februari 2020 hinga 11 Februari 2020.


Seperti yang terlihat di SMA Triguna Jakarta, para peserta ujian praktek sudah terlihat lalu lalang membawa peralatan praktik, ada yang membawa peralatan memasak, karya lukisan 2 dimensi dan 3 dimensi dari berbagai bahan dasar yang unik, tidak ketinggalan berbagai kreativitas lainnya yang patut mendapatkan apresiasi sepantasnya bagi para instruktur penguji.


Kreatvitas yang diciptakan siswa dan siswi kelas XII SMA Triguna ini bukan sekedar kreasi biasa, mereka harus merencanakan, membuat pola, mengorganisasi dan mengkolaborasikan setiap sudut kreativitas sesuai dengan materi ujian praktek, dan hasilnya adalah karya terbaik mereka yang akan dipresentasikan di depan instruktur penguji yang tidak lain adalah guru mata pelajaran mereka dan satu guru ahli sebagai penguji kedua.


Selain kemampuan berkreasi, para siswa juga dilatih dan dibina untuk berpikir secara ilmiah melalui praktikum sains dan teknologi sesuai dengan jurusan mereka, siswa kelas XII MIPA telah terbiasa dengan praktikum di Laboratium IPA, demikian juga siswa XII IPS telah terbiasa dengan praktikum di luar kelas bahkan di alam lepas.


Selain cerdas dan kreatif, ujian praktik juga mengajarkan spirit kehidupan yang saling tolong menolong saat mereka hidup di masyarakat kelak, melalui praktikum Agama mereka belajar bagaimana seorang siswa harus memiliki kecakapan dalam menyelenggarakan perawatan jenazah, sehingga kelak mereka akan menjadi kelompok masyarakat yang aktif, kreatif dan bermanfaat untuk masyarakat lainnya.


Ujian praktik di SMA Triguna Jakarta Tahun ini diikuti oleh 5 kelas, terdiri dari 2 kelas jurusan MIPA dan 3 Kelas jurusan IPS. Kepala Sekolah SMA Triguna, Ibu Dra. Meldawati memberikan apresiasi atas suksesnya setiap sesi ujian praktek, beliau berharap setiap momentum ujian praktik tahun ini dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa dan menggali potensi kreativitas siswa yang luar biasa, membawa kemanfaatan untuk sekolah, peserta didik dan stakeholder SMA Triguna Jakarta dan dunia pendidikan secara umum. (Wahyu)



 

PPDB ONLINE

PPDB 2021

Berita Terbaru

Belajar di Luar Kelas

Facebook

Instagram